Sunday, October 23, 2011

Cara Trading di Marketiva

Setelah anda membuka account dan sudah menginstall StreamsterTM dari marketiva, tinggal melakukan trading saja. Bagaimana cara trading di marketiva, berikut akan sata tulis tentang Cara Trading di Marketiva untuk anda. Tentu saya tidak punya pengetahuan lebih canggih, sebab saya hanyalah newbie yang menyentuh detil trading dengan cara learning by doing.

Bila anda belum mempunyai account marketiva, silahkan membaca tulisan saya Cara Buka Acount Trading di Marketiva (klik-kanan, open new tab saja). Dan bila anda sudah punya account, namun belum melakukan identifikasi account dan belum men-download StreamsterTM, mungkin tulisan saya Software Trading & Identifikasi Account (klik-kanan, open new tab saja) bisa bermanfaat untuk anda.

Nah, apakah sekarang anda sudah siap untuk trading?????


Tapi bentar dulu, saya merebus mie dulu. Laper niy... Setelah nanti saya kenyang, saya share caranya. Tapi sebatas pengetahuan saya yang sempit ini lho ya... :)

[seperempat jam kemudian]
Kenyang banget...

Oke sampai mana tadi? Oh ya, saya belum memulai ya. Baik, kita bareng-bareng mencoba untuk mengenal dulu, lekuk wajah StreamsterTM.

Pastikan anda sudah Sign In pada StreamsterTM anda. Jika belum, silahkan login terlebih dahulu. Klik icon StreamsterTM di komputer anda. Akan muncul tampilan seperti ini:



Lalu bayangkan bahwa StreamsterTM saya belah menjadi empat bagian. Saya belah dua horisontal, kemudian saya belah lagi secara vertikal. Jadi ada empat bagian: 1. kanan atas, 2. kanan bawah, 3. kiri atas dan 4. kiri bawah.




Baik, coba saya susun berdasar urutan secara sederhana saja.
  1. Untuk memulai trading valuta asing, pastikan anda berada di Forex. Bukan Funds, bukan Indexes, juga bukan Commodities. Anda bisa klik 'Forex' seperti di gambar (bagian 3).
  2. Tentukan instrument yang anda perdagangkan. Anda bisa klik-kanan pada Chart seperti pada gambar (bagian 1), klik instrument dan pilih pasangan mata uang yang anda pegang:
  3. Selanjutnya, amati grafik Chart anda, seperti pada belahan gambar bagian 1. tentukan anda akan Sell (SHORT) atau Buy (LONG). Jika grafik menunjukkan indikasi mau naik atau beranjak naik, sebaiknya anda ambil Buy (LONG). Demikianjuga sebaliknya, jika grafik beranjak turun, saya sarankan anda pasang Sell (SHORT).
  4. Untuk melakukan order, klik-kanan di tempat yang sama. Klik "Buy/Sell" di bagian yang paling bawah. Dan anda akan menemukan jendela:
  5. Saat kotak dialog (Send Order) ini muncul, anda bisa set kolom "Quantity" menjadi 1 atau lebih, tergantung pada jumlah saldo anda yang anda miliki pada trading desk tersebut.
    Pada kolom "Desk", anda bisa memilih Virtual Forex atau Live Forex. Virtual Forex, bukanlah uang nyata yang bisa anda tarik ke rekening anda. Virtual Forex adalah sarana kita belajar berdagang valuta asing saja. Berbeda dengan Live Forex. Jika anda memilih Live Forex pada Deks, artinya anda sudah berdagang valuta asing dengan uang betulan. Pada kolom "Buy/Sell" anda menentukan akan ambil posisi Buy (LONG) atau Sell (SHORT). Setelah anda klik OK, maka order tersebut masuk ke market. Artinya anda sudah berdagang valuta asing. Atau lebih lanjut, anda juga bisa turut duduk di meja diskusi. Klik "Discussions" pada kanan atas (seperti gambar bagian 1). Leverage yang digunakan adalah 1:100 (margin yang diperlukan adalah 1%). Artinya bila anda trade dengan quantity 100, maka anda harus mempunyai minimal $1 di account anda. Sistem akan mengunci sementara $1 tersebut (untuk mengantisipasi jika terjadi pergerakan pasar yang sangat cepat) hingga anda close posisi tersebut maka uang anda yang dikunci akan kembali. Maka jika anda mempunyai $5 di “live trading desk”, anda dapat dengan mudah menggunakan quantitas 100. Untuk lebih jelas bisa dilihat di http://www.marketiva.com/index.ncre?page=re-margin-requirements. Pips atau Point adalah pergerakan terkecil mata uang. Nilai pips (point) bergantung pada position size (nilai quantity yang anda masukkan) dan mata uang yang Anda gunakan. Misal, anda ambil quantity 10.000 untuk EUR/USD, maka setiap pip bernilai 10.000*0.0001 atau $1. Atau jika Anda memasukkan quantity 100 untuk EUR/USD maka setiap pip bernilai 100*0.0001 atau $0.01 (1 sen). Penjelasan yang lebih detil dapat Anda baca di http://www.marketiva.com/index.ncre?page=re-calculating-profit.
  6. Selanjutnya anda bisa mengamati pergerakan harga dari grafik Chart (gambar bagian 1) dan Tab Positions (pada gambar bagian 2). Untung atau rugi-nya bisa anda analisa. Dibantu dengan warna nilai di kolom profit pada Tab Positions. Jika hijau, berarti beranjak untung. Dan warna merah berarti beranjak rugi. Jika bertanda plus (+) artinya sudah untung, dan minus (-) artinya sudah rugi.
  7. Untuk menutup posisi OPEN: di dalam Tab “Positions” klik posisi anda di baris kolom “Position ID” yang ingin anda tutup. Klik tombol “Close”.Jika sudah close akan tampak status “CLOSED”. Setelah anda close maka profit/loss-nya akan langsung masuk ke saldo di desk anda. Bila anda bermain dengan Virtual Forex, maka direalisasikan di Desk Virtual Forex, dan bila anda bermain Live Forex, profit/loss-nya direalisaikan di Desk Live Forex.
Tulisan saya kali ini, lebih pada hal teknis. Tidak bisa didustai bahwa sisi emosional sangatlah berperan. Jika ada kesempatan, segera saya tulis di sini. Masih banyak rencana saya menulis tentang banyak sisi tentang berdagang valuta asing, sebatas pengetahuan saya yang masih sangat minim ini.

Apapun, yang jelas saya berharap sekali tulisan saya ini bermanfaat bagi anda. Sukses untuk anda.